| 0 comments ]

Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk tahun 2011 berdasarkan keketapan Resmi Kemenpan tetap diadakan dengan formasi atau kuota sekitar sekitar 200 Ribu orang. Besaran kuota CPNS yang ditetapkan tersebut hampir sama dengan tahun 2010 lalu atau sekitar 200 ribu PNS. Menteri PAN dan RB, EE Mangindaan mengatakan, dari jumlah itu akan ikut direkrut para honorer daerah.
Diharapkan 2012 mendatang penerimaan CPNS sudah akan masuk pada zero growth. Itu dapat dilakukan bila para honorer daerah sudah terakomodir semuanya.

Perhelatan Akbar Tes Cpns 2011 Penerimaannya bakal digelar bulan September 2011. Karena itu, Kemenpan mengharapkan agar seluruh instansi baik pusat maupun daerah diharapkan sudah bisa menyiapkan estimasi rincian formasi kebutuhan CPNS. Hal ini dimaksudkan agar target jadwal penerimaan CPNS bisa terealisasi. Kami pun para pengelola situs enersi.com menyarankan kepada para peserta Seleksi CPns agar mempersiapkan diri sebaiknya baik persiapan latihan Soal maupun adminsitratif lainnya. Tim kami dengan bangga memberikan pelatihan soal yang sangat baik untuk persiapan seleksi CPns 2011/2012. Latihan Soal Cpns 2011 ini untuk sementara terdiri dari 5 (lima) mata ujian yang terdiri dari :

Bahasa Indonesia

Kami berikan 2 (dua) paket soal dan pembahasannya yang berisi sekitar 100 (soal) latihan. Selengkapnya bisa Anda download dan pelajari disini silakan!

Tes Bakat Skolastik

Kami berikan 2 (dua) paket soal dan pembahasannya yang berisi sekitar 100 (soal) latihan. Selengkapnya bisa Anda download dan pelajari disini silakan!

Bahasa Inggris

Kami berikan 2 (dua) paket soal dan pembahasannya yang berisi sekitar 100 (soal) latihan. Selengkapnya bisa Anda download dan pelajari disini silakan!

Tes Kemampuan Umum

Kami berikan 2 (dua) paket soal dan pembahasannya yang berisi sekitar 100 (soal) latihan. Selengkapnya bisa Anda download dan pelajari disini silakan!


Tes psikologi

Latihan psikologi masih kami proses, mohon bersabar!

Materi Latihan Soal Cpns 2011 berusaha kami sesuaikan dengan peraturan yang tertuang dalam Pasal 21 ayat 4 RUU tentang Pokok-pokok Kepegawaian Negara. Disebutkan juga dalam tes seleksi CPNS terdiri dari dua tahap, yaitu yang bersifat umum dan khusus.

Menurut keterangan Humas BKN tersebut bahwa materi tes seleksi yang bersifat umum terdiri dari :

  • Materi bahasa Indonesia,
  • Bahasa Inggris,
  • Tes psikologi, dan
  • Tes potensi akademik.



Tenaga Honorer Jadi Prioritas PNS

Pemerintah memastikan akan menerapkan moratorium pegawai negeri sipil (PNS) tahun ini. Dengan begitu,hanya tenaga honorer yang berkesempatan diangkat jadi PNS.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (PAN)/Reformasi Birokrasi (RB) EE Mangindaan mengatakan, sebagian tenaga honorer yang masuk sebelum 2005 akan diprioritaskan untuk diangkat menjadi PNS.

“Moratorium tetap, tapi honorer pengecualian.Pokoknya honorer yang paling lama 2005. Jadi sebelum 2005, itu yang kita angkat yang memenuhi syarat. Sesudah itu tidak ada honorer lagi,” tutur Mangindaan setelah menghadiri sidang kabinet terbatas bidang politik,hukum,dan keamanan di Kantor Presiden kemarin.

Sebagaimana diketahui, pengangkatan tenaga honorer sebelumnya sudah diputuskan tuntas akhir 2010.Namun akibat verifikasi data yang belum tuntas, masih tersisa 60.000-an lebih tenaga honorer yang belum diangkat.

Kendati memprioritaskan tenaga honorer,lanjut Mangindaan, pihaknya akan memperketat seleksi.Tenaga honorer tetap harus mengikuti sejumlah persyaratan, seperti ujian saringan. Menurut dia,pengangkatan persoalan tenaga honorer akan diselesaikan dengan terlebih dahulu membenahi peraturan terkait seperti UU 43 Tahun 1999 tentang Kepegawaian.

Pengangkatan tenaga honorer tersebut juga masih menunggu proses verifikasi lebih lanjut serta mempertimbangkan besarnya anggaran aparatur yang harus dikeluarkan pemerintah. “Jumlah kita belum berani putuskan karena masih diverifikasi, karena menyangkut formasi. Tidak asal angkat. Kita harus sesuaikan juga bagaimana kesiapan daerah,” paparnya.

Permasalahan pengangkatan tenaga honorer menjadi pembahasan khusus dalam rapat terbatas bidang polhukam kemarin. Dalam kata pengantarnya,Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengatakan bahwa pihaknya akan segera memutuskan rancangan peraturan pemerintah (PP) tentang pengangkatan tenaga honorer menjadi PNS dan rancangan peraturan pemerintah tentang pegawai tidak tetap.

“Kedua hal ini merupakan isu yang menjadi perhatian banyak kalangan. Solusi yang mesti kita ambil pertama-tama harus dihitung cermat berapa kebutuhan pegawai negeri. Kita persyaratkan kapabilitas yang dimiliki pegawai negeri kita agar mereka betul-betul jadi penggerak birokrasi,” paparnya.

Presiden SBY menambahkan, pengangkatan tenaga honorer menjadi PNS menjadi hal yang sangat penting bagi sebagian orang karena menyangkut harapan besar mereka. “Menjadi pengawai negeri adalah harapan tinggi cita-cita dan juga idaman. Mari kita sekali lagi pastikan peraturannya benar, sistemnya tepat, manajemen, dan pengelolaannya yang baik,” tandas presiden.

Deputi Sumber Daya Manusia (SDM) dan Aparatur Kemenpan dan RB Ramli Naibaho mengatakan, pengangkatan tenaga kerja honorer tinggal menunggu PP-nya yang masih dalam tahap penjadwalan untuk pembahasan di Kemenko Polhukam untuk selanjutnya dipaparkan kepada presiden.

”Jadi, pemerintah sepakat semua itu akan diangkat. Posisinya (RPP) dalam tahap pembahasan antara kita dengan Menkopolhukam. Sementara dengan Menteri Hukum dan HAM sudah harmonisasi,’’ jelasnya.

Copyright@www.enersi.com All rights reserved, written by Drs. Asep Dewan, SH

0 comments

Post a Comment